(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
luvputri. Karena sejatinya iman turun naik sudah pasti
Biarkan iman menjadi peni

Karena sejatinya iman turun naik sudah pasti Biarkan iman menjadi penilaian sang ilahi Bukan penilaian penghuni bumi Mari bu.. kita saling.. Membesarkan hati Meninggikan empati Meningkatkan kasih . . . You are not alone You are not a bad mom It is not your fault . . Thank you mba @nuryirah @motherhopeind buat fotonya. . . #babyblues #postpartumdepression #depresipascamelahirkan

Share 34 0

Penting bagi bumil untuk selalu menjaga kesehatannya, baik secara FISIK maupun PSIKOLOGIS. . SEHAT SECARA FISIK dengan menjaga pola makan & harus bernutrisi, serta tidak boleh kelelahan.. . SEHAT SECARA PSIKOLOGIS dengan menjaga emosi bumil agar tetap stabil yaa, karena disaat bunda mengandung, ada foktor hormon yang mempengaruhi perubahan emosi bunda.. shg tidak jarang bumil menjadi mudah sensitif, tersinggung, sedih, atau mudah marah.. akan tetapi penting sekali bagi bumil untuk bisa mengontrol emosinya tsb.. . Karena jika bumil tidak menjaga kesehatannya & tidak mengontrol emosinya, dikhawatirkan akan berdampak negatif bagi bumil, janin ataupun kandungannya.. jadi harus selalu BAHAGIA & TETAP SEHAT yaa bunda, supaya juga terhindar dari gangguan mental pasca melahirkan (baby blues) 😊🥰 . #konselingkehamilan #konsultasibumil #konselingibuhamil #hamilbahagia #praktekpsikolog #psikologjogja #yogyakarta #sleman #persalinan #persalinannormal #babyblues #depresipascamelahirkan #depresipostpartum

Share 6 0

"Nah, tapi ketika tidak ada yang menawarkan bagaimana? Padahal rasanya benar-benar seperti ingin meledak." Katakan! Minta pertolongan! Jangan paksakan diri bunda yang nantinya malah berujung depresi. Anak bahagia dari ibu yang bahagia. #tidur #istirahat #ibu #anak #ibubaru #ayahbaru #ayah #suami #istri #suamisiaga #ayahsiaga #suasanahati #babyblues #ppd #parentingtips #parentinglife #parenting #orangtua #orangtuabaru #depresipascamelahirkan #kurangtidur #momshaming #anakbahagia #ibubahagia #depresi

Share 7 0

Serius nanya, memang apa sih yang salah dengan bunda yg istirahat? Padahal malamnya terus terbangun, bisa karena anak yang menyusui, rewel, sakit, atau memang belum mau tidur. Apalagi yang baru jadi bunda, duh, rasanya menyesuaikan diri itu benar-benar pengorbanan. Alhamdulillah suami ikut siaga, nah, gimana yang suaminya anak jerit-jerit pun, melek bentar, tapi lanjuuuut tidur. Besok paginya tidur sebentar untuk mengganti waktu tidur yang kurang, malah dibilangin, Pemalas, lah Pasti punya pembantu, lah Anak kok gak diurus, lah, padahal tuh anak juga lagi molor. Dsb, dkk, dst, dll-nya Gak sedikit artikel yang menjelaskan perlunya tidur yang cukup, salah satunya yang penting bagi seorang ibu adalah untuk menjaga suasana hati. Nyata adanya baby blues atau PPD, salah satu penyebabnya adalah kurang tidur. Pastilah ya Bun, gimana rasanya ngantuk, pusing, capek, anak nangis, belum lagi di nyinyirin orang, dah tuh, naiklah emosi. Jadi, usahakan tidur yang cukup ya bunda. Anak bahagia dari ibu yang bahagia. #tidur #istirahat #ibu #anak #ibubaru #ayahbaru #ayah #suami #istri #suamisiaga #ayahsiaga #suasanahati #babyblues #ppd #parentingtips #parentinglife #parenting #orangtua #orangtuabaru #depresipascamelahirkan #kurangtidur #momshaming #anakbahagia #ibubahagia #anakrewel #anaksakit

Share 3 0
Advertisement
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
haloparenting. @dr.fatimahhidayati .
.
Baby blues: happy mom, happy life
.
Ayo dibaca

@dr.fatimahhidayati . . Baby blues: happy mom, happy life . Ayo dibaca buibu dan pakbapak yg istrinya sedang hamil atau br saja melahirkan.. . Pentingnya kesadaran adanya baby blues, dan mgkn hingga post partum psikosis..Mengingat kasus yg terjadi akhir2 ini, seorang ibu yg membunuh bayinya berusia 3 bulan, atau pun ibu yg membunuh salah satu bayi kembarnya krn sering dikatakan kurus.. . Tenang moms, Moms tdk sendiri, Moms bukannya manja atau kurang iman..🤗🤗🤗 . Support suami dan keluarga sgt dibutuhkan pd awal kelahiran.. Carilah bantuan jika gejala baby blues lbh dr 2 mggu, atau menyebabkan gangguan aktivitas ibu sehingga ibu tdk mampu merawat bayi atau dirinya sendiri, atau ada dorongan utk menyakiti bayi/diri sendiri.. . #babyblues , #babybluessyndrome #babyblues💙 , #depresipascamelahirkan , #postpartumbody #postpartumdepression #postpartumpsychosis #ibubaru , #parenting #haloparenting

Share 2 0
dr.fatimahhidayati. Baby blues: happy mom, happy life
.
Ayo dibaca buibu dan pakbapak yg i

Baby blues: happy mom, happy life . Ayo dibaca buibu dan pakbapak yg istrinya sedang hamil atau br saja melahirkan.. . Pentingnya kesadaran adanya baby blues, dan mgkn hingga post partum psikosis..Mengingat kasus yg terjadi akhir2 ini, seorang ibu yg membunuh bayinya berusia 3 bulan, atau pun ibu yg membunuh salah satu bayi kembarnya krn sering dikatakan kurus.. . Tenang moms, Moms tdk sendiri, Moms bukannya manja atau kurang iman..🤗🤗🤗 . Support suami dan keluarga sgt dibutuhkan pd awal kelahiran.. Carilah bantuan jika gejala baby blues lbh dr 2 mggu, atau menyebabkan gangguan aktivitas ibu sehingga ibu tdk mampu merawat bayi atau dirinya sendiri, atau ada dorongan utk menyakiti bayi/diri sendiri.. . #babyblues , #babybluessyndrome #babyblues💙 , #depresipascamelahirkan , #postpartumbody #postpartumdepression #postpartumpsychosis #ibubaru , #parenting

Share 71 4

#Repost from @tipsmpasibayi with @regram.app ... Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #babyblues dan #postpartumdepression sehingga kelak jika dititipi Allah seorang anak sudah siap mendampingi istrinya dengan baik. . Pak, #babyblues dan #depresipascamelahirkan itu nyata adanya, dirasakan banyak ibu di dunia Bukan mitos bukan krn krg mendekatkan diri Bukan kurang ibadahnya Pengaruh Hormon pak hormon yg kasih Allah si ibu nggak bisa nolak Banyak Orang berfikir faktor utama itu karena kelahiran si buah hati Bukan, biasanya baby blues berujung PPD itu karena suami sendiri yg tak mengerti atau pihak keluarga /sekitar yang terlalu menekan sana sini. Ditambah tuntutan pekerjaan rumah yg harus dikerjakan sendiri. Ketika curhat, Malah Dibilang kamu krg bersyukur lah Itu udah tugas kamu lah endebra endebra. Padahal istri cukup didengar keluh kesahnya, dipegang tangannya ditatap wajahnya diyakinkan untuk kuat plus dibonusi pelukan hangat InsyaaAllah bisa melewati ini 💕 #simpel lho Tapi yang muncul terkadang pengabaian "Halah kamu lebay, sensitif nggak bersyukur" Lalu diabaikan Dianggap biasa saja Hingga berujung baby blues bahkan depresi lalu ada yang menganiaya bayi, ada yang habis melahirkan bunuh diri dll Itu ibu ibu yg melakukan nggak sadar Bukan gila beneran tapi gila krn tekanan krn g ada yg rangkul Tiap hari diabaikan, ditekan sana sini, dicaci, dicerca, dijudge, dll Padahal seharusnyya happy Tapi fakta di lapangan banyak ibu ibu pasca melahirkan yang tersakiti Mari belajar lagi bahwa menikah tidak hanya sah Tapi ada ego yang harus dirubah Ego mu pak, harus dirubah menjadi empati untuk menyehatkankan jiwa ibu dari anak - anakmu . . Thanks to @wifetalk

Share 27 0

Iya, ada orang ketiga yang juga ikut terlahir nih bunda. Yaitu, seorang ayah. Seringkali kita lupa, suami, juga ikut terlahir ketika istrinya melahirkan sang buah hati. Dia, terlahir sebagai sosok dengan panggilan baru, ayah. Kita selalu fokus kepada ibu atau anak ketika kelahiran baru terjadi, hingga lupa sang ayah juga mengalami yang namanya perubahan. Nah, bunda tau? Seorang ayah juga bisa mengalami depresi pasca melahirkan loh bunda. Di postingan nantinya kita bahas ya. #depresipascamelahirkan #ayah #ayahbaru #ibubaru #ibumelahirkan #ibu #ibuhamil #ayahhebat #kelahiran #happyfathersday #hariayah #hariayahnasional #anak #anakayahbunda #anakayah #bunda #terlahirkembali #ayahdepresi #parentingtips #parentingquotes #parentingmotivation #parentinglife #parenting

Share 2 0
aku.bidan. Reposted from @tipsmpasibayi (@get_regrann) -  Semoga semakin banyak c

Reposted from @tipsmpasibayi (@get_regrann) - Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #babyblues dan #postpartumdepression sehingga kelak jika dititipi Allah seorang anak sudah siap mendampingi istrinya dengan baik. . Pak, #babyblues dan #depresipascamelahirkan itu nyata adanya, dirasakan banyak ibu di dunia Bukan mitos bukan krn krg mendekatkan diri Bukan kurang ibadahnya Pengaruh Hormon pak hormon yg kasih Allah si ibu nggak bisa nolak Banyak Orang berfikir faktor utama itu karena kelahiran si buah hati Bukan, biasanya baby blues berujung PPD itu karena suami sendiri yg tak mengerti atau pihak keluarga /sekitar yang terlalu menekan sana sini. Ditambah tuntutan pekerjaan rumah yg harus dikerjakan sendiri. Ketika curhat, Malah Dibilang kamu krg bersyukur lah Itu udah tugas kamu lah endebra endebra. Padahal istri cukup didengar keluh kesahnya, dipegang tangannya ditatap wajahnya diyakinkan untuk kuat plus dibonusi pelukan hangat InsyaaAllah bisa melewati ini 💕 #simpel lho Tapi yang muncul terkadang pengabaian "Halah kamu lebay, sensitif nggak bersyukur" Lalu diabaikan Dianggap biasa saja Hingga berujung baby blues bahkan depresi lalu ada yang menganiaya bayi, ada yang habis melahirkan bunuh diri dll Itu ibu ibu yg melakukan nggak sadar Bukan gila beneran tapi gila krn tekanan krn g ada yg rangkul Tiap hari diabaikan, ditekan sana sini, dicaci, dicerca, dijudge, dll Padahal seharusnyya happy Tapi fakta di lapangan banyak ibu ibu pasca melahirkan yang tersakiti Mari belajar lagi bahwa menikah tidak hanya sah Tapi ada ego yang harus dirubah Ego mu pak, harus dirubah menjadi empati untuk menyehatkankan jiwa ibu dari anak - anakmu . . Thanks to @wifetalk - #regrann

Share 10 0
celoteh.bunda. Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #ba

Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #babyblues dan #postpartumdepression sehingga kelak jika dititipi Allah seorang anak sudah siap mendampingi istrinya dengan baik. . Pak, #babyblues dan #depresipascamelahirkan itu nyata adanya, dirasakan banyak ibu di dunia Bukan mitos bukan krn krg mendekatkan diri Bukan kurang ibadahnya Pengaruh Hormon pak hormon yg kasih Allah si ibu nggak bisa nolak Banyak Orang berfikir faktor utama itu karena kelahiran si buah hati Bukan, biasanya baby blues berujung PPD itu karena suami sendiri yg tak mengerti atau pihak keluarga /sekitar yang terlalu menekan sana sini. Ditambah tuntutan pekerjaan rumah yg harus dikerjakan sendiri. Ketika curhat, Malah Dibilang kamu krg bersyukur lah Itu udah tugas kamu lah endebra endebra. Padahal istri cukup didengar keluh kesahnya, dipegang tangannya ditatap wajahnya diyakinkan untuk kuat plus dibonusi pelukan hangat InsyaaAllah bisa melewati ini 💕 #simpel lho Tapi yang muncul terkadang pengabaian "Halah kamu lebay, sensitif nggak bersyukur" Lalu diabaikan Dianggap biasa saja Hingga berujung baby blues bahkan depresi lalu ada yang menganiaya bayi, ada yang habis melahirkan bunuh diri dll Itu ibu ibu yg melakukan nggak sadar Bukan gila beneran tapi gila krn tekanan krn g ada yg rangkul Tiap hari diabaikan, ditekan sana sini, dicaci, dicerca, dijudge, dll Padahal seharusnyya happy Tapi fakta di lapangan banyak ibu ibu pasca melahirkan yang tersakiti Mari belajar lagi bahwa menikah tidak hanya sah Tapi ada ego yang harus dirubah Ego mu pak, harus dirubah menjadi empati untuk menyehatkankan jiwa ibu dari anak - anakmu . . Thanks to @wifetalk

Share 13 0
tipsmpasibayi. Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #ba

Semoga semakin banyak calon suami & suami yang mau belajar tentang #babyblues dan #postpartumdepression sehingga kelak jika dititipi Allah seorang anak sudah siap mendampingi istrinya dengan baik. . Pak, #babyblues dan #depresipascamelahirkan itu nyata adanya, dirasakan banyak ibu di dunia Bukan mitos bukan krn krg mendekatkan diri Bukan kurang ibadahnya Pengaruh Hormon pak hormon yg kasih Allah si ibu nggak bisa nolak Banyak Orang berfikir faktor utama itu karena kelahiran si buah hati Bukan, biasanya baby blues berujung PPD itu karena suami sendiri yg tak mengerti atau pihak keluarga /sekitar yang terlalu menekan sana sini. Ditambah tuntutan pekerjaan rumah yg harus dikerjakan sendiri. Ketika curhat, Malah Dibilang kamu krg bersyukur lah Itu udah tugas kamu lah endebra endebra. Padahal istri cukup didengar keluh kesahnya, dipegang tangannya ditatap wajahnya diyakinkan untuk kuat plus dibonusi pelukan hangat InsyaaAllah bisa melewati ini 💕 #simpel lho Tapi yang muncul terkadang pengabaian "Halah kamu lebay, sensitif nggak bersyukur" Lalu diabaikan Dianggap biasa saja Hingga berujung baby blues bahkan depresi lalu ada yang menganiaya bayi, ada yang habis melahirkan bunuh diri dll Itu ibu ibu yg melakukan nggak sadar Bukan gila beneran tapi gila krn tekanan krn g ada yg rangkul Tiap hari diabaikan, ditekan sana sini, dicaci, dicerca, dijudge, dll Padahal seharusnyya happy Tapi fakta di lapangan banyak ibu ibu pasca melahirkan yang tersakiti Mari belajar lagi bahwa menikah tidak hanya sah Tapi ada ego yang harus dirubah Ego mu pak, harus dirubah menjadi empati untuk menyehatkankan jiwa ibu dari anak - anakmu . . Thanks to @wifetalk

Share 3618 251

Ketika seorang wanita melahirkan seorang anak, berarti juga terlahir seorang ibu. Yang juga baru belajar di dunia yang baru sama halnya bayi yang belajar menyesuaikan diri di dunia ini. Berarti ibu tersebut juga butuh perhatian sama halnya dengan sang bayi. #depresipascamelahirkan #ibu #ibumelahirkan #ibuhamil #ibudepresi #stres #parenting #parentinglife #kehidupan #newborn #babyblues #postpartumdepression #belajar #parentingtips #quoteparenting #quotesindonesia #quote #parentingquotes #parentingmotivation #orangtua #anak #depresi #ibubahagia #anakbahagia #perhatian #ibubaru

Share 4 0
pijathamil.homecare. Depresi postpartum disebabkan karena banyak faktor (gabungan antara fa

Depresi postpartum disebabkan karena banyak faktor (gabungan antara faktor emosi dan fisik) . Ketika ibu selesai melahirkan sang buah hati, kadar hormon estrogen dan progesteron akan menurun dengan cepat. Ini dapat menyebabkan adanya perubahan pada mood ibu. Bahkan, ibu juga dapat mengalami kesulitan tidur akibat perubahan mood yang dashyat, padahal istirahat sangat dibutuhkan oleh ibu usai melahirkan untuk pemulihan . Ibu yang mengalami depresi pascamelahirkan dapat mencoba melakukan konseling dengan terapis. Penggunaan obat antidepresan juga dapat membantu pemulihan ibu dari depresi . Depresi yang tidak ditangani dengan baik bisa berlangsung dalam waktu yang lama dan akan membawa dampak yang buruk bagi ibu dan bayinya. . . #infobusui #depresipascamelahirkan #depresipostpartum #postpartumdepression #ibupascamelahirkan #infoibumelahirkan #pijatmenyusuisemarang #pijataktasisemarang #pijatlaktasipekalongan #perawatanbayisemarang #bengkungsemarang #perawatanbengkung #perawatanpascamelahirkan #perawatanpascamelahirkansemarang #jamuibubersalin #perawatanibusemarang #spaibusemarang #spaibuhamil #spaibunifas #perawatanibunifassemarang

Share 40 3

Tidak ada yang salah ketika bunda merasa lelah atau bahkan sakit. Ada saatnya bunda meminta bantuan untuk mengurus sang buah hati. Hal itu lebih baik daripada bunda memaksakan diri namun berefek negatif pada anak bunda. Seperti contohnya bunda yang gampang emosi, itu salah satu tanda bunda butuh istirahat. Tidak apa bunda, ambil waktu yang bunda butuhkan untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Hal itu bukan berarti berkurangnya cinta dan sayang bunda pada si kecil. #depresipascamelahirkan #ibu #ibumelahirkan #ibuhamil #ibudepresi #stres #parenting #parentinglife #kehidupan #istirahat #malu #babyblues #postpartumdepression #bonding #bondingwithbaby #psikologi #tips #parentingtips #quoteparenting #quoteoftheday #quotesindonesia #quote #parentingquotes #parentingmotivation #parentinglife #orangtua #anak #depresi #ibubahagia #anakbahagia

Share 3 0

Ini tips-tips untuk mencegah baby blues atau depresi pasca melahirkan ya bunda. Karena kami ingin ikut membantu agar tidak semakin banyak ibu yang mengalaminya. Dan agar semakin banyak anak yang bahagia dari ibu yang bahagia. Bunda juga bisa sharing bersama kami loh di komentar atau DM yg lebih pribadi, karena kami tau bagaimana leganya setelah sharing tentang depresi ini dengan sesama ibu, terutama yang pernah juga mengalaminya. Bunda tidak sendirian 💕💕 #babyblues #postpartumdepression #ppd #bunda #ibumelahirkan #ibuhamil #ibudepresi #ibu #ibukistreetfighter #kebahagiaan #kejiwaan #stres #orangtua #suami #anakibu #anakbahagia #ibubahagia #bonding #bondingwithbaby #psikologi #tips #depresipascamelahirkan #parentingtips #parentingmotivation #parentinglife #anak #depresi

Share 4 0

Ini lanjutan artikel sebelumnya yang pernah di posting ya bunda, mengenai perbedaan baby blues dan PPD. Baby Blues dan Postpartum Depression memiliki gejala yang mirip, akan tetapi tidak bisa dikatakan sama. Keduanya sama-sama dapat mengganggu kemampuan ibu mengasuh anaknya dan sama-sama butuh penanganan dari pihak profesional seperti psikolog/psikiater. Penanganan yang tepat dapat meningkatkan kondisi ibu dan ibu tetap dapat menjalankan tugasnya kembali dengan baik. Jadi, jangan diremehkan depresi pasca melahirkan ini ya bunda. Tidak sedikit berita kematian anak yang disebabkan ibunya, setelah ditelusuri sebenarnya diakibatkan depresi pasca melahirkan yang diabaikan atau terabaikan. #babyblues #postpartumdepression #ppd #bunda #ibumelahirkan #ibuhamil #ibudepresi #ibu #ibukistreetfighter #kebahagiaan #kejiwaan #stres #orangtua #suami #anakibu #anakbahagia #ibubahagia #bonding #bondingwithbaby #psikologi #tips #depresipascamelahirkan #parentingtips #parentingmotivation #parentinglife #anak

Share 5 0
temancurhatibu. Bismillah.

Akun ini di buat, salah satu alasannya karena pemberitaan

Bismillah. Akun ini di buat, salah satu alasannya karena pemberitaan akhir-akhir ini. Benar, tentang korban Postpartum bukanlah suatu hal baru. Jaman baheula juga sudah ada, hanya saja tak terekspos. Namun belakangan ini, jaman yang kami pikir sudah jaman milenial, semua akses pengetahuan bisa di kategorikan hal yang mudah di dapat. Tapi... Ternyata masih banyak ibu muda yang tak mengerti cara mengenali gejala Postpartum atau baby blues. Dan... Parahnya lagi, korbannya adalah para ibu. Ketika ada kasus yang di penjara malah ibu 😢 Yang saya yakin ibu tak ada niat untuk menyakiti anaknya sendiri, terkecuali akal sudah tak bisa dikontrol, hilang kewarasan, tak bisa berpikir. Ada ? Banyaaaak. @temancurhatibu #postpartum #sayangiibu #depresipascamelahirkan #ibumuda #babyblues

Share 0 0

Ketika sedang ramai-ramainya orang yang mulai memahami dan mengerti tentang depresi dan efeknya, bagi orang tua juga ada loh depresi yang menghantui. Yaitu baby blues atau juga post partum depression. Apa sih perbedaan dari keduanya? Yuk simak bareng-bareng perbedaan dari segi gejalanya. Biar tidak ada lagi korban dari depresi yang tidak tau dia mengalaminya. Nantinya ada perbedaan-perbedaan dari segi lainnya ya. Yuk bunda bagi pengalamannya dan kita diskusi bareng mengenai hal ini. #babyblues #postpartumdepression #ibu #ibuhamil #ibumelahirkan #ppd #bonding #bondingwithbaby #psikologi #ibukistreetfighter #tips #depresipascamelahirkan #parentingtips #quoteparenting #quoteoftheday #quotesindonesia #quote #parentingquotes #parentingmotivation #parentinglife #orangtua #anak

Share 3 0
Advertisement
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
dieticoon. Bagaimana penanganan (dari segi gizi) untuk depresi pasca melahirkan?

Bagaimana penanganan (dari segi gizi) untuk depresi pasca melahirkan? 1. Banyak penelitian membuktikan bahwa tetap menyusui bayi (kecuali jika terdapat kondisi dimana menyusui bayi tidak memungkinkan) dapat menurunkan tingkat depresi ibu pasca melahirkan. Walaupun hubungan yang mendasarinya masih belum jelas, tetapi diketahui bahwa proses menyusui bayi meningkatkan interaksi antara bayi dengan sang ibu sehingga tercipta ikatan yang lebih erat dari sang ibu kepada bayinya. . 2. Peningkatan olahraga dan aktivitas fisik memiliki manfaat untuk menguranginya gejala depresi pasca melahirkan. Aktivitas fisik ringan hingga sedang pada trimester ketiga kehamilan diketahui dapat menurunkan tingkat depresi pasca melahirkan hingga 6 minggu pasca melahirkan . 3. Konsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3, seng dan selenium (seperti ikan kembung, ikan sarden, salmon, udang, tuna, kacang-kacangan, daging sapi, telur ayam, dan daging ayam). Dari banyak penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi omega-3, seng dan selenium berperan dalam sistem syaraf pusat khususnya hormon serotonin dan dopamin yang akan menurunkan resiko depresi pasca melahirkan. Kebutuhan ibu menyusui akan omega-3 disesuaikan dengan usia ibu dan adanya tambahan kebutuhan karena ibu sedang menyusui yaitu sebanyak 1,2-1,3 g per hari atau setara dengan konsumsi 1 ekor kecil ikan kembung @40-50g dalam satu hari. Sedangkan kebutuhan ibu akan seng dan selenium berturut-turut adalah 13 mg/hari dan 34 mg/hari. Kebutuhan akan seng dan selenium tidak dapat dipenuhi sepenuhnya hanya dari makanan saja, sehingga butuh adanya konsumsi tambahan suplemen vitamin dan mineral agar kebutuhan ibu akan seng dan selenium tercukupi . 4. Berikan selalu dukungan kepada ibu menyusui apapun dan bagaimanapun keadaannya. Karena sejatinya dukungan orang-orang terdekatlah yang paling dibutuhkan ibu menyusui yang sedang mengalami depresi pasca melahirkan. . . Sumber (dapat dilihat pada postingan sebelumnya) . #kataahligizi #depresipascamelahirkan #postpartumdepression #babybluessyndrome . 📝: Eki Hafsari K., S.Gz

Share 28 0
dieticoon. Penyebab atau faktor risiko yang dapat menyebabkan depresi pasca melah

Penyebab atau faktor risiko yang dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan, antara lain : 1. Riwayat depresi ibu sejak dahulu. Terdapat bukti yang menjelaskan bahwa wanita yang memiliki riwayat depresi memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap perubahan hormon tubuh. Contohnya adalah pada ibu yang pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga. . 2. Adanya riwayat Premenstrual Syndrome sedang hingga parah maka juga memiliki risiko yang tinggi mengalami depresi pasca melahirkan. Mekanisme yang mendasarinya adalah adanya perubahan sistem transport hormon serotonin dimana perubahan ini berhubungan dengan depresi berat. . 3. Usia ibu yang masih muda. Depresi pasca melahirkan banyak dialami oleh ibu dengan usia antara 13-19 tahun. Hal ini dihubungkan dengan kematangan mental sang ibu untuk melakukan tugas dan tanggung jawab nya sebagai seorang ibu pasca melahirkan. . 4. Gaya hidup ibu yang kurang sehat. Contohnya adalah dari pola makan ibu yang rendah vitamin B6, omega-3, seng dan selenium. Zat-zat tersebut sangat berperan sebagai anti-depresan dalam mekanismenya dengan hormon serotonin dan tiroid yang sangat berperan dalam menurunkan resiko depresi pasca melahirkan. . . Sumber : 1. Abdollahi, F., et al,. Perspective of postpartum depression theories: A narrative literature review. North American Journal of Medical Sciences. 2016. Vol. 8 (6): 233-236 2. Ghaedrahmati, M, et al,. Postpartum depression risk factors: A narrative review. Journal of Education and Health Promotion. 2017. Vol. 6: 60 3. Hussain, AA. Role of omega-3 polyunsaturated fatty acids for the treatment of patients with major depression disorder. Journal of Health Specialities. Vol. 2 (1): 4-9 4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia 5. Schiller, CE, et al,. The role of reproductive hormones in postpartum depression. CNS Spectr. 2015. Vol. 20 (1): 48-59 . #kataahligizi #depresipascamelahirkan #postpartumdepression #babybluessyndrome . 📝: Eki Hafsari K., S.Gz

Share 24 0
dieticoon. Depresi Pasca melahirkan adalah episode depresi mayor yang dialami ole

Depresi Pasca melahirkan adalah episode depresi mayor yang dialami oleh ibu menyusui yang dapat bermula dari saat kehamilan hingga sampai 4 minggu pertama pasca kelahiran. . Bedanya apa sama baby blues syndrome? Nah, banyak literatur mengatakan bahwa perbedaan depresi pasca melahirkan dengan baby blues syndrome adalah pada keparahan gejala dan lama terjadinya. Jika dibandingkan baby blues syndrome, depresi pasca melahirkan memiliki gejala yang lebih parah dan lama depresi yang lebih panjang. . Bagaimana depresi pasca melahirkan bisa terjadi? Banyak teori yang melatarbelakangi depresi pasca melahirkan, salah satunya adalah teori biologis. Mekanisme yang muncul adalah adanya interaksi antara sistem hipotalamus-pituitary-gonadal dan juga sistem hipotalamus-pituitary-adrenal dan adanya perubahan hormon gonadal pada tubuh. Mekanisme lain yang muncul adalah adanya perubahan hormon (estrogen, progesteron, beta-endorphin, HCG dan kortisol) yang sangat drastis dari masa kehamilan hingga pasca melahirkan. Mekanisme ini kemudian menjadi pemicu terjadinya depresi pasca melahirkan. . Tanda dan gejala yang muncul biasanya adalah adanya depresi, kesulitan tidur dan makan, gangguan konsentrasi, gangguan psikomotor, merasa tidak berharga, adanya kegelisahan, sampai memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri hingga sang bayi. . . Sumber : 1. Abdollahi, F., et al,. Perspective of postpartum depression theories: A narrative literature review. North American Journal of Medical Sciences. 2016. Vol. 8 (6): 233-236 2. Ghaedrahmati, M, et al,. Postpartum depression risk factors: A narrative review. Journal of Education and Health Promotion. 2017. Vol. 6: 60 3. Hussain, AA. Role of omega-3 polyunsaturated fatty acids for the treatment of patients with major depression disorder. Journal of Health Specialities. Vol. 2 (1): 4-9 4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia 5. Schiller, CE, et al,. The role of reproductive hormones in postpartum depression. CNS Spectr. 2015. Vol. 20 (1): 48-5 . #kataahligizi #depresipascamelahirkan #postpartumdepression . 📝: Eki Hafsari K, S.Gz

Share 29 0
andia.mk. Dear calon ibu..
Dari aku yang pernah merasakan 😢

Kamu bisa bicaraka

Dear calon ibu.. Dari aku yang pernah merasakan 😢 Kamu bisa bicarakan ini dengan suami mu sblm anakmu lahir ya ❤ Semoga semakin banyak suami & calon ayah yang mau belajar tentang #babyblues dan #postpartumdepression sehingga kelak jika dititipi Allah seorang anak sudah siap mendampingi istrinya dengan baik. . Pak, #babyblues dan #depresipascamelahirkan itu nyata adanya, dirasakan banyak ibu di dunia Bukan mitos bukan krn krg mendekatkan diri Bukan kurang ibadahnya Pengaruh Hormon pak hormon yg kasih Allah si ibu nggak bisa nolak Banyak Orang berfikir faktor utama itu karena kelahiran si buah hati Bukan, biasanya baby blues berujung PPD itu karena suami sendiri yg tak mengerti atau pihak keluarga /sekitar yang terlalu menekan sana sini. Ditambah tuntutan pekerjaan rumah yg harus dikerjakan sendiri. Ketika curhat, Malah Dibilang kamu krg bersyukur lah Itu udah tugas kamu lah endebra endebra. Padahal istri cukup didengar keluh kesahnya, dipegang tangannya ditatap wajahnya diyakinkan untuk kuat plus dibonusi pelukan hangat InsyaaAllah bisa melewati ini 💕 #simpel lho Tapi yang muncul terkadang pengabaian "Halah kamu lebay, sensitif nggak bersyukur" Lalu diabaikan Dianggap biasa saja Hingga berujung baby blues bahkan depresi lalu ada yang menganiaya bayi, ada yang habis melahirkan bunuh diri dll Itu ibu ibu yg melakukan nggak sadar Bukan gila beneran tapi gila krn tekanan krn g ada yg rangkul Tiap hari diabaikan, ditekan sana sini, dicaci, dicerca, dijudge, dll Padahal seharusnyya happy Tapi fakta di lapangan banyak ibu ibu pasca melahirkan yang tersakiti Mari belajar lagi bahwa menikah tidak hanya sah Tapi ada ego yang harus dirubah Ego mu pak, harus dirubah menjadi empati untuk menyehatkankan jiwa ibu dari anak - anakmu . (Kalo kalian belum tau tentang babyblues/ppd. Bisa baca di highlight "BABYBLUES" Semoge bermanfaat 🙏🙏

Share 35 15